PENGUATAN DAN PENATAAN ULANG KURIKULUM   Leave a comment

Paparan Puskur – Rakornas Jarlitbang 2011

Penguatan dan Penataan Kurikulum

Penataan kurikulum mencakup tiga hal,

(1) Penguatan Pelaksanaan KTSP;.

(2) Pengkajian Materi KTSP;

3) Pengelolaan Kurikulum Sekolah;

Apa saja Yang Berubah pada Struktur Kurikulum?

Paling tidak, telah dilakukan analisis dan telah diidentifikasi kesalahan besar dalam implementasi Kurikulum kita. Dalam implementasi kurikulum kita selama ini, implementasi Ketentuan Standar Nasional Pendidikan dan Ketentuan Kurikulum tercampur menjadi satu, sehingga seolah-olah KTSP kita sama sekali tidak berdasarkan Satuan Pendidikan, melainkan ditentukan oleh pusat. Gambar

Berdasarkan pertimbangan di atas, di masa mendatang harus dilakukan:

  • Pemilahan Standar Isi dan Kelulusan (SI/SKL) dari Kurikulum. Ketentuan tentang Standar Nasional Pendidikan dan Kurikulum sebagaimana yang diatur secara terpisah dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dijabarkan masing-masing secara tersendiri.
  • Pemilahan ranah kompetensi lulusan yang mencakup kualifikasi kemampuan sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
  • Kurikulum akan diatur menurut jenjangnya, Tingkat Nasional, Tingkat Daerah, dan Tingkat Satuan Pendidikan.

Catatan untuk perubahan ini, terutama pada pemilahan ranah standar kompetensi lulusan, yang dilakukan berdasarkan Standar Isi. anut, Standar Kompetensi justru yang harus menentukan isi atau materi apa yang harus disampaikan kepada siswa. Artinya, kita harus bisa mendaftarkan kompetensi apa saja yang harus dikuasai siswa kita di masa mendatang, baru kita bisa tentukan materi apa saja yang perlu kita pelajari. Ini penting untuk mengurangi peluang materi yang berlebihan.

Proses penentuan kompetensi ini tentu melibatkan para ahli pendidikan, agar kompetensi dasar yang sangat penting dan perlu diutamakan, dapat diprioritaskan, jangan sampai semua lalu dianggap penting, sehingga siswa lagi yang mendapat beban terlalu besar.

Pada matapelajaran matematika SMA, Dimensi Tiga (Bangun Ruang) adalah materi yang tidak habis-habisnya dibicarakan oleh para pendidik. Baik dari materinya yang sangat memerlukan daya ‘khayal’ tinggi untuk memahaminya maupun metode apa dan strategi jitu yang bagaiaman agar siswa cepat memahami.

Di Permendiknas no. 22 tahun 2006, tentang Standar Isi (SI), Standar Kompetensi tentang menentukan kedudukan, jarak, dan besar sudut yang melibatkan titik, garis, dan bidang dalam ruang dimensi tiga terdapat di kelas X semester 2. Diasumsikan tingkat berfikir siswa kelas X  masih pada hal-hal yang bersifat konkrit, belum dapat berfikir secara abstrak. Hal inilah yang selama ini diyakini oleh sebagian pendidik sebagai kendala didalam menyampaikan materi dimenasi tiga. Sehingga dimensi tiga selalu tidak tuntas dipahami oleh peserta didik.

Berangkat dari latarbelakang tersebut, disamping latarbelakang yang lain yang lebih luas filisofinya, maka kesempatan untuk melakukan penguatan dan penataan ulang pada kurikulum bagi kami guru-guru matematika merupakan kesempatan untuk menata ulang kurikulum khususnya matematika. Penulis yang kebetulan sedikit terlibat didalam kegiatan penguatan dan penataan ulang kurikulum di Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk), mencoba menelaah Permediknas no 22 tahun 2006 tentang Standar Isi (SI) dan Permendiknas no. 23 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Mudah-mudahan usulan penataan ulang untuk matapelajaran matematika akan dapat lebih menyempurnakan matapelajaran matematika.

Berikut usulan penataan ulang Matematika SMA : SKL  Matematika SMA Usul Revisi dan SK Matematika SMA revisi

Posted Agustus 2, 2011 by riefdhal in Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: